It’s Time to Move Forward

OPINI

It’s Time to Move Forward


Berikan aku 10 pemuda maka aku akan goncangkan dunia (Soekarno)

Mahasiswa. Sebuah kata yang sudah sangat kita kenal. Banyak orang bilang bahwa mahasiswa adalah aset negara. Sejarah membuktikan bahwa era baru peradaban bangsa ini dimulai dari para mahasiswa. Sejarah menyatakan bahwa bangsa ini dimulai dari perjuangan para mahasiswa, misalnya STOVIA dan perjuangan para mahasiswa untuk memperjuangkan reformasi.

Mahasiswa memang berperan, tetapi sejauh mana? Hanya masing-masing individu yang tahu jawabannya. Yang pasti setiap manusia memiliki kesempatan untuk mengubah dunia. Namun, diantara peran-peran yang ada, mahasiswa kesehatan tentu memiliki peran yang sangat penting untuk perkembangan bangsa ini. Masalah kesehatan yang dialami bangsa ini sangat kompleks, mulai dari kematian bayi baru lahir hingga penyakit menular. Masalah-masalah tersebut tidak akan habis dibahas hanya dalam hitungan hari. Namun, cobalah berpikir positif. Jadikan masalah-masalah yang ada sebagai peluang untuk memotivasi kita dalam membantu meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

Mengapa mahasiswa kesehatan? Karena kita dicetak untuk melayani masyarakat. Kita dibentuk menjadi manusia yang ada di garis terdepan dalam menciptakan masyarakat yang lebih berkualitas. Hal ini tidak berlebihan karena jika setiap warga negara kuat, maka negarapun akan menjadi negara yang kuat. Selain itu, mahasiswa juga berperan sebagai Agent of change (agen perubahan) dimana ditangan mahasiswa-lah perubahan sistem kesehatan menjadi mungkin dan perubahan perilaku kesehatan masyarakat menjadi hal yang bukan sekedar harapan. Namun, peran mahasiswa tidak hanya berhenti disitu. Era global menantang setiap individu untuk bisa menatap dunia dengan lebih luas. Bertarung dengan dunia untuk menujukkan eksistensinya. Sudah siapkah Anda?

Pertanyaan yang berat, memang. Namun, tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. Butuh keyakinan dan keberanian untuk berpindah ke pemikiran yang luas. Butuh kemampuan yang keras untuk bisa berpindah dari keadaan yang selama ini kita pijak. It’s time to move forward!!!

Kontribusi mahasiswa yang besar tentunya tidak akan pernah terwujud tanpa kesadaran dan perjuangan setiap individu. Dibutuhkan semangat mental positif dan karakter yang tangguh bagi mahasiswa untuk menjadi agen perubahan. (Tha)

Versi cetak ada di: buletin MISI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: