Hari Minggu adalah hari bermalas-malasanku. Setelah leleh kuliah 1 minggu dengan beban 23 sks yang berarti setiap hari aku harus belajar 11,5 jam!!! Untuk itu, hari Minggu aku manfaatkan untuk sebisa mungkin tidur siang.

Aku tidur abis Dzuhur. Di dalam tidurku aku bermimpi entah kenapa aku bisa sampai ke Perancis. Seneng banget tau ga sih rasany??!!! Sekilas semua tampak nyata bagiku. Tapi kenapa ya, aku hanya melihat Eiffel dari sudut lain. Maksudnya bukan Eiffel yang sering aku lihat di TV atau internet. Dalam mimpiku, Eiffel hanya dilihat sebagian kecil atau terlihat dari jauh. Kenapa ini? Dan ketika aku motret puncak menara Eiffel, ada awan hitam menutupinya. Jadinya aku ga bisa motret Eiffel secara keseluruhan. Tapi aku tetep happy2 aja. Aku motret2 diriku di depan menara walaupun ga’ terlihat sempurna Eiffel itu.

Aku terbagun dari tidur siangku. Tersenyum karena aku baru saja memimpikan apa yang aku inginkan selama ini. Kemudian aku ingat kalau hari ini ada acara Kick Andy di Metri TV yang mbahas tenteng Laskar Pelangi. Laskar Pelangi dijadiin film!!! Aku ingin nonton!!! Dan ada 1 lagu yang diciptakan Nidji buat OST film ini. Salah satu liriknya adalah “…menarilah, dan terus menari meski dunia tak seindah surga..” Belum nontin, tapi aku sudah bisa merasakan jiwa yang terkandung, pesan yang termuat, dan motivasi yang menggebu yang akan disampaikan film ini. Kenapa aku bisa berkata seperti itu? Karena aku pernah membaca novelnya-semua yang udah terbit- dan benar2 menginspirasiku.

Aku merasa bersyukur tidak mengalami nasib seperti anggota Laskar Pelangi tapi juga sekaligus malu. Apakah aku bisa seperti mereka? Punya mimpi yang besar, menanamkan mimpi itu kuat ke dalan jiwa dan ingatannya, dan suatu saat mimpi itu akan membawa mereka menjelajah ke hampir semua belahan dunia. Tersenyum dengan apa yang sudah diraih dan berharap orang lain juga termotivasi bahwa sebenarnya semua orang yang ada di negeri ini bisa mendapatkan apapun yang mereka inginkan jika mereka percaya pada kekuatan mimpi. Mimpi yang membuatmu sadar untuk bertindak. Sadar untuk menjadi orang yang lebih baik. Sadar untuk mendapatkan mimpi itu sendiri.

“Bermimpilah, karena Tuhan akan memeluk mimpi-mimpimu…”
( Arai )