20 Mei–> Hari Kebangkitan Nasional

…Celebrating 100 years of national awakening
(… memperingati 100 tahun hari kebangkitan nasional)
Ada orang (bukan orang Indonesia) mempertanyakan ‘National Awakening? Awakening for what?’
Inilah yang semua orang harus tahu bahwa Indonesia adalah negara yang untuk mendapatkan kemerdekaan harus berjuang selama ratusan tahun. Banyak darah dan air mata tumpah ke tanah pada masa penjajahan itu.
20 Mei 1908, menurut agenda sejarah perjalanan bangsa merupakan hari kebangkitan nasional. Seratus tahun yang lalu, tepatnya pada tanggal 20 Mei 1908, berdirilah organisasi Boedi Oetomo, yang dikemudian dikenang sebagai Hari Kebangkitan Nasional. Saat itu bangkitlah suatu kesadaran tentang kesatuan kebangsaan untuk menentang kekuasaan penjajahan Belanda yang telah berabad-abad lamanya berlangsung di tanah air Indonesia.

Boedi Oetomo pada saat itu, merupakan perkumpulan kaum muda yang cerdas dan peduli terhadap nasib bangsa, yang antara lain diprakarsai oleh ; Dr. Soetomo, Dr. Wahidin Soedirohoesodo dan Dr. Goenawan dan Suryadi Suryadiningrat (Ki Hadjar Dewantara).
Semangat kebangkitan nasional muncul, ketika bangsa Indonesia mencapai tingkat perlawanannya yang tidak dapat dibendung lagi, untuk menghadapi kekuasaan kolonial Belanda yang tidak manusiawi dan tidak adil. Penegasan tekad bangsa untuk bebas dan merdeka dari belenggu kolonialisme dan imperialisme.
Kebangkitan kesadaran atas kesatuan kebangsaan atau nasionalisme yang lahir pada 20 Mei 1908, kemudian menjadi tonggak perjuangan yang terus berlanjut. Muncullah kemudian Jong Ambon (1909), Jong Java dan Jong Celebes (1917) Jong Sumatera dan Jong Minahasa (1918). Pada tahun 1911 juga berdiri organisasi Sarikat Islam, 1912 Muhammadiyah, 1926 Nahdlatul’Ulama, dan kemudian pada tahun 1927 berdiri Partai Nasional Indonesia.
Perjuangan yang panjang itu, akhirnya mencapai puncaknya pada kemerdekaan bangsa, yang diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945. Negara kita seperti ditegaskan oleh para pendirinya adalah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang ditegakkan berdasarkan prinsip Negara Hukum.
Jika begitu apa makna hari kebangkitan nasional?
Kalau menurutku, kita sebagai anak muda memiliki tanggung jawab yang sangat besar untuk mengisi hari-hari kita. Saat ini kita tidak harus berjuang sekuat tenaga menghabiskan darah dan air mata kita untuk mengusir penjajah. Tapi, bukannya tugas kita ringan. Kita mempunyai tanggung jawab yang sangat besar untuk mempertahankan negara ini. Kita punya tanggung jawab yang besar di atas kedua pundak kita. Jangan sampai ada sebuah negara mengganggu kedaulatan negara kita.
Cara simpel untuk mempertahankan negara mungkin adalah :
  • Berfikir, jika kita (masing2 anak muda Indonesia) memiliki 1 pemikiran untuk memajukan negara ini, coba bayangkan berapa juta pemikiran yang akan terbentuk pada seluruh anak muda Indonesia.
  • Rajin beribadah, sebagai pijakan kita untuk menatap dunia
  • Melakukan hal-hal positif. Misalnya ada yang suka nulis, tulislah sesuatu yang berguna, meningkatkan rasa cinta tanah air, pengembangan moral & jangan melulu cinta soalnya ngebosenin abis….
  • Rajin belajar–> bermimpi setinggi2nya utk bisa sekolah ke luar negeri misalnya
  • Cintai budaya. Indonesia adalah negara yang kaya dengan segala sesuatu. Kita harus cinta pada milik kita agar oranglain juga suka Indonesia.
  • HINDARI narkoba dan free sex karena merusak moral bangsa dan menggerogoti kepribadian.
  • Punya cita-cita yang tinggi
  • Belajarlah dari orang-orang sukses. Ambil pelajaran yang bisa kita petik dari beliau

Mungkin itu dulu yang bisa aku tulis. Tapi ingat, kita sebagai kaum muda harus selalu punya rasa tanggung jawab untuk membangun negara ini. Karena di tangan kitalah nasib bangsa ini…

ViEThA

Senin, 19 Mei 2008 pkl. 10.53 WIB

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: